Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat


lingkungan sehat
LINGKUNGAN
A. Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
Lingkungan adalah keadaan yang ada di sekitar kita. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu ingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

1. Lingkungan Sehat 
lingkungan sehat
                                   sumber gambar pixabay
Lingkungan sehat bertolak belakang dengan lingkungan tidak sehat. Lingkungan sehat memberi rasa nyaman bagi orang yang berada di tempat itu.
ciri-ciri lingkungan sehat :

  • Lingkungan disekitar terasa segar, tanpa bau tidak sedap. Hal ini dapat terjadi karena sampah tidak menumpuk atau berserakan. 
  • Lingkungan terlihat asri karena tumbuhan hijau menghiasinya, karena warna hijau senantiasa bisa menyulap kita serasa nyaman dengan hiasan hijau daun yang mengelilingi.
  • Lingkingan yang sehat memiliki pengaturan tempat yang baik.

2. Lingkungan Tidak Sehat
lingkungan tidak sehat
                                   sumber gambar pixabay
Lingkungan tidak sehat tidak memberi rasa nyaman bagi orang yang berada di tempat itu. 
Ciri-ciri lingkungan tidak sehat :

  • Udara terasa menyesakkan karena bau sampah dan asap kendaraan.
  • Lingkungan terasa gersang karena tidak ada tumbuhan disekitar
  • Tidak adanya pengaturan tempat yang tepat

lingkungan menjadi tidak sehat karena terjadinya pencemaran atau pengotoran. Pencemaran lingkungan dapat berupa pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara.

a. Pencemaran Tanah 

pencemaran tanah umumnya berasal dari sampah atau limbah yang berbentuk cair dan padat. Limbah cair biasanya disebabkan oleh pemakaian racun serangga atau pupuk cair yang berlebihan. Sampah padat biasanya berupa plastik, gelas, kaleng, dan kertas. Sampah seperti ini susah terurai sehingga dapat mencemari tanah di sekitar kita sehingga lingkungan tampak kumuh dan kotor.

b. Pencemaran Air

Pencemaran air dapat berasal dari limbah rumah tangga ataupun limbah pabrik yang dibuang ke dalam saluran air. Air limbah yang berasal dari rumah tangga terdiri dari air bekas cucian, air bekas mandi, dan air kotor dari WC. Limbah pabrik dapat berupa buangan air hasil pengolahan industri.  

c. Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat disebabkan oleh debu, asap, ataupun dari bau yang tidak sedap. Debu merupakan benda padat yang berbutir halus dan ringan. Debu bisa berasal dari tanah kering, serpihan kayu, semen dan lain-lain.

Cara Mengatasi dan memelihara kesehatan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran ingkungan, serta mengatasi pencemaran ingkungan.

Materi ini dikutip dari buku SAINS Kelas 3 penerbit ERLANGGA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat"

Post a Comment