Macam-macam gaya materi IPA kelas 5

Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
Gaya
Permainan tarik tambang merupakan salah satu contoh penerapan gaya, setiap kelompok memberikan gaya berupa tarikan pada tali tambang. Permainan ini akan dimenangkan oleh kelompok yang dapat memberikan gaya lebih besar pada tambang. Ada berbagai macam gaya yaitu gaya yang berdasarkan sumbernya antara lain gaya gravitasi, gaya magnet, dan gaya gesek.
A. Gaya Gravitasi
Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
Pernahkah kalian melihat buah yang jatuh dari pohonnya ?
Kemana arah jatuhnya buah tersebut ? Buah kelapa itu jatuh ke bumi. Tidak hanya buah benda yang jatuh dari ketinggian tertentu juga akan bergerak turun menuju bumi. Misalnya kelereng atau bola yang menggelinding di atas meja akan jatuh ke lantai. Penerjun payung yang keluar dari pesawat juga akan jatuh ke bawah menuju bumi. Gerak jatuhnya benda-benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi.
Gaya gravitasi ditemukan oleh Asaac Newton, beliau terinspirasi oleh sebuah apel yang jatuh dari pohon depan rumahnya.
Gaya gravitasi bumi sering disebut juga gaya tarik bumi. Kecepatan benda-benda yang jatuh ke bumi tidak selalu sama.

B. Gaya Gesek
Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
                            Sumber gambar : ciptacindekia.com 
Coba dorong sebuah kardus di lantai. Ketika kamu mendorong kardus terjadi gesekan antara permukaan kardus dengan lantai. Gaya gesekan tersebut akan menghambat gerakan kardus, kekuatan hambatan akibat gesekan inilah yang disebut gaya gesek. Jadi, gaya gesek merupakan gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan benda saling bersentuhan.
Gaya gesek dimanfaatkan pada saat kita mengerem sepeda. Rem sepeda akan mencengkeram roda untuk menghambat perputaran roda, kampas rem sepeda akan memberikan gaya gesek terhadap pelek. Gaya gesek juga terjadi antara ban sepeda dengan jalan. Ban sepeda biasanya dibuat beralur-alur sehingga ketika direm mendadak tidak akan tergelincir.
Ada beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek, salah satunya yaitu menghambat gerakan benda. Kardus ketika didorong di lantai yang kasar akan terasa lebih berat dibandingkan di lantai yang halus. Hal ini disebabkan oleh gaya gesek yang menahannya. Gaya gesek dalam peristiwa ini dapat diperkecil dengan cara memasang roda di bawah beban. Pemasangan roda ini sangat bermanfaat ketika kita mendorong benda yang berat, tetapi tenaga orang yang mendorong kurang. Roda yang menggelinding menyebabkan benda di atasnya mudah bergerak, gaya gesek yang ditimbulkan dengan cara ini akan lebih kecil karena hanya sebagian kecil permukaan roda yang menyentuh permukaan jalan. Roda juga sering dipasang pada meja atau kursi agar mudah digeser.
Selain menghambat gerakan, gaya gsek juga mengakibatkan permukaan yang bergesekan cepat aus. Misalnya alas sepatu menjadi tipis karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah. Gigi gir sepeda cepat tumpul akibat sering bergesekan dengan rantai. 
Berdassarkan dari kegiatan di atas maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Benda yang lebih halus akan menimbulkan gaya gesek yang lebih kecil.
2. Semakin kecil luas permukaan benda yang bersentuhan, gaya gesek yang dihasilkan akan semakin kecil

C. Gaya Magnet
Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
                                 sumber gambar : tugasfisikague.com
Gaya magnet masih berpengaruh terhadap benda-benda logam meskipun ada penghalang dia antara magnet dan benda yang ditariknya. Besarnya daya tembus gaya magnet dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jenis penghalang, tebal tipisnya penghalang, dan kekuatan magnet. Selain itu, pengaruh gaya magnet juga ditentukan oleh jarak magnet dengan benda.
Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
                         sumber gambar : wikipedia.org
Kekuatan gaya tarik magnet tidaklah sama di setiap sisi atau bagiannya. Gaya magnet paling kuat terletak di kutub-kutub magnet. Daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet disebut medan magnet. Area medan magnet itu biasanya ditunjukkan dengan garis-garis gaya magnet. Garis-garis gaya magnet tersebut saling bertemu di ujung kedua kutubnya.
Magnet mempunyai dua kutub, ujung magnet yang negarah utara disebut kutub utara, sedangkan ujung magnet yang mengarah ke selatan disebut kutub selatan. Biasanya di kedua ujung magnet diwarnai dengan warna yang berbeda. Saat kutub yang sama di dekatkan keduanya akan saling menolak, sebaliknya jika kutub yang berbeda dari dua magnet didekatkan maka akan terjadi tarik-menarik.
Macam-macam gaya materi IPA kelas 5
                               sumber gambar : ilmudasar.com

Berdasarkan cara terbentuknya magnet dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam terjadi secara alami seperti magnet bumi. sedangkan magnet buatan merupakan magnet yang dibuat secara sengaja seperti magnet batang, tabung (silinder), jarum, huruf U, dan magnet berbentuk ladam (tapal kuda).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam gaya materi IPA kelas 5 "

Post a Comment