Materi Pesawat Sederhana


Materi Pesawat Sederhana
Pesawat Sederhana
Pesawat adalah alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Manusia memerlukan gaya untuk melakukan berbagai pekerjaan. Gaya itu dilakukan oleh otot. Misalnya dalam menimba air, membuka tutup botol, memanjat pohon, dan memindahkan barang-barang yang berat. Oleh karena itu, tentunya kita memerlukan alat untuk mempermudah pekerjaan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan pesawat sederhana sehingga bisa memperkecil gaya yang akan dikeluarkan.
Pesawat ada yang rumit ada pula yang sederhana. Pada prinsipnya pesawat sederhana terbagi kedalam empat macam yaitu, pengungkit, bidang miring, katrol dan roda berporos.
1. Pengungkit atau Tuas
Berdasarkan letak beban, kuasa dan penumpunya pengungkit dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu :
a. Pengungkit Golongan I
Materi Pesawat Sederhana
Jika kita akan mencabut paku yang tertancap di tembok, apa yang kita perlukan ? Paku sendiri sulit untuk dicabut dengan tangan, selain memerlukan tenaga yang kuat, sebatang paku juga terlalu kecil untuk dipegang dengan tangan saat mencabut. Oleh karena itu, kita memerlukan catut untuk mencabut paku dari tembok. Catut menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan I.
Pada pengungkit golongan I, letak titik tumpu berada di antara beban dan kuasa.

Alat-alat yang termasuk kedalam pengungkit golongan I
Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana
Materi Pesawat Sederhana
Materi Pesawat Sederhana


Materi Pesawat Sederhana
b. Pengungkit Golongan II

Materi Pesawat SederhanaPada pengungkit golongan II, letak beban di antara titik tumpu dan kuasa. Kereta sorong, pembuka kaleng, dan pemotong kertas merupakan alat-alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan II. Kereta sorong banyak yang digunakan oleh pekerja bangunan untuk mengangkut pasir atau material lain. Alat ini berguna untuk membawa benda-benda yang berat. Selain lebih cepat dan mudah, tenaga yang harus dikeluarkan pun lebih sedikit.

Berikut alat-alat yang termasuk kedalam pengungkit golongan II
Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana
Beberapa jenis kaleng mempunyai tutup yang menyatu dengan badannya. Tutup kaleng sulit dibuka dengan jari-jari tangan. Namun, dengan menggunakan alat pembuka kaleng, kaleng tersebut dapat dibuka dengan mudah dan tidak melukai tangan. Pemotong kertas banyak digunakan oleh pegawai foto kopi. Alat ini dapat membantu memotong kertas dalam jumlah banyak. Dengan alat ini, pekerjaan memotong kertas menjadi lebih ringan.
c. Pengungkit Golongan III
Materi Pesawat Sederhana
Pada pengungkit golongan III, letak kuasas di antara beban dan titik tumpu.
Materi Pesawat Sederhana
Alat alat yang termasuk pengungkit golongan III


Stapler, pinset, dan skop menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan III, perhatikan letak kuasa, beban, dan titik tumpunya. 







2. Bidang Miring
Tangga merupakan salah satu jenis bidang miring. Jika memanjat pohon secara langsung, beban tubuh kita akan tertumpu pada tangan dan kaki. Namun, bila memakai tangga, tubuh akan ditahan oleh anak tangga yang kita injak. itulah sebabnya seolah-olah pekerjaan kita terasa lebih ringan. Sebenarnya, pekerjaan kita tetap, tetapi diperingan oleh alat. Jadi, dengan menggunakan biddang miring kita dapat menghemat tenaga. Prinsip yang sama juga diterapkan pada tangga bangunan bertingkat.
Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana
Tahukah kamu, mengapa jalan di daerah pegunungan dibuat berkelok-kelok ? Mobil tidak cukup bertenaga untuk mendaki lereng yang curam. Oleh karena itu, jalan tanjakan di gunung yang curam dibuat berkelok-kelok. Jalan yang demikian akan mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian yang sama. Kemiringan tanjakan tenaga akan lebih landai dengan adanya kelokan sehingga lebih mudah didaki.


Materi Pesawat Sederhana
Bidang miring berguna untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat. cara mudah memindahkan peti ke dalam truk yaitu dengan menggunakan bidang miring. Peti dapat didorong atau ditarik melalui bidang miring. Tenaga yang dikeluarkan lebih kecil daripada mengangkat peti secara langsung.

Benda-benda tajam seperti pisau, kapak, pahat, dan paku menggunakan prinsip kerja bidang miring. Bagian yang tajam dari alat-alat tersebut merupakan bidang miring.



Alat-alat yang menerapkan prinsip kerja bidang miring
Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana

3. Katrol
Materi Pesawat Sederhana
Ketika kita mengambil air dari sumur dengan tali yang langsung dikaitkan pada ember, beban yang harus kita angkat akan terasa sangat berat, akan tetapi pekerjaan tersebut bisa kita lakukan dengan lebih mudah apabila kita menggunakan timba. sebenarnya, beban yang harus diangkat tidak berubah. Hanya saja, saat menggunakan timba, beban tidak hanya tertumpu pada tangan, tetapi juga tertumpu pada berat badan. selain itu, dengan timba pekerjaan mengangkat akan berubah menjadi menarik sehingga lebih mudah. Inilah prinsip kerja katrol.
Beberapa jenis katrol sebagai berikut :
Materi Pesawat Sederhana
a. katrol tetap : Katrol yang tidak berubah posisinya ketika digunakan untuk memindahkan benda
b. Katrol bebas : Katrol yang berubah posisinya ketika digunakan untuk memindahkan benda
c. Katrol rangkap : Katrol yang terdiri dari lebih satu katrol yang disusun berjajar
d. Katrol ganda atau takal : Katrol yang terdiri dari beberapa katrol yang disatukan dengan tali

4. Roda Berporos

Materi Pesawat Sederhana
Roda pertama kali di buat oleh orang-orang Mesopotamia lebih dari 5000 tahun yang lalu. Pada zaman prasejarah, orang-orang memindahkan beban berat dengan meletakkan beban di atas batang-batang pohon. Batang-batang pohon tersebut kemudian digerakkan menggelinding. Pada perkembangan berikutnya, dibuatlah roda yang diberi poros. Roda dan poros ini dapat berputar bersama-sama. sepeda motor, mobil, dan hampir semua alat yang mempunyai bagian yang bergerak menggunakan asas roda berporos.

Peralatan yang menggunakan roda berpasangan biasanya dihubungkan pada poros roda. Poros roda berada pada titik temu jari-jari roda. Adanya roda memungkinkan manusia untuk bergerak lebih cepat dan mudah. Bahkan orang lumpuh kakinya pun dapat bergerak lebih cepat dengan menggunakan kursi roda. Roda berporos juga digunakan dalam mesin-mesin kendaraan maupun industri.
Materi Pesawat Sederhana Materi Pesawat Sederhana 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Pesawat Sederhana"

Post a Comment