Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
A. Macam-macam Daur Hidup Pada Makhluk Hidup
Simbiosis adalah cara hidup bersama dari dua jenis makhluk hidup yang berbeda dalam hubungan yang erat.
Macam-macam simbiosis :

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan, dua makhluk hidup tidak ada yang di rugikan. Contoh : Hubungan antara burung jalak dan kerbau.

2. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan dan pihak yang lain tidak di rugikan. Contoh : hubungan ikan hiu dan ikan remora, bunga anggrek dan pohon inangnya.

3. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak yang lain dirugikan. Contoh : Tanaman tali putri dengan pohon inangnya.

B. Hubungan Antar Makhluk Hidup
Dalam hubungannya, antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya akan membentuk suatu rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
1. Rantai Makanan, adalah proses makan dan dimakan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.
rantai makanan
2. Jaring-jaring makanan adalah rantai-rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk seperti jaring-jaring. hal ini disebabkan karena organisme memakan lebih dari satu jenis makhluk hidup.
jaring-jaring makanan

C. Pengaruh Perubahan Lingkungan Terhadap Makhluk Hidup
1. Perubahan ekosistem hutan dapat terjadi oleh beberapa sebab, misalnya kebakaran hutan dan penebangan pohon secara liar. Jika penebangan liar terus dilakukan, akan berdampak buruk bagi kehidupan di bumi. Di samping itu, ancaman kekeringan, banjir, erosi, dan longsor akan terjadi.
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
2. Perubahan Lingkungan di Sungai
Sungai merupakan tempat hidup bagi ikan-ikan dan hewan-hewan air lainnya. Jika terjadi pencemaran di sungai oleh sampah, maka akan menyebabkan ikan-ikan yang ada di dalamnya tidak mendapatkan gas oksigen yang cukup, sehingga ikan-ikan dan hewan air lainnya akan mati.
Makhluk Hidup dan Lingkungannya

sumber gambar dikutip dari pixabay

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makhluk Hidup dan Lingkungannya"

Post a Comment