Arti Tanda Pengenal dalam Ke Pramukaan Penggalang

Arti Tanda Pengenal dalam Ke Pramukaan Penggalang
Tanda Pengenal Pramuka Penggalang
Tanda Pengenal Gerakan Pramuka adalah tanda yang dikenal oleh seorang Pramuka pada seragam Pramuka yang menunjukkan jati dirinya sebagai seorang Pramuka, satuan tempatnya bergabung, jabatan yang diemban nya, kemampuan dan kecakapan nya dan penghargaan yang telah diterimanya.
Tanda Pengenal Gerakan Pramuka berfungsi sebagai alat pendidikan untuk memberi dorongan, gairah, dan semangat para Pramuka. Tanda Pengenal Gerakan Pramuka juga berfungsi sebagai alat pengenal seorang Pramuka, tanda pengakuan, pengesahan atas keanggotaan, kecakapan, pemberian tanggung jawab hak dan kewajiban. Tanda pengenal juga berfungsi sebagai tanda penghargaan atas prestasi yang telah dicapainya. Tanda Pengenal gerakan Pramuka tidak berfungsi sebagai tanda pangkat dan perhiasan.
Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka meliputi :
1. Tanda Umum
Tanda umum dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri. Macam-macam nya antara lain : tanda tutup kepala, setangan/ pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM.
a. Tanda Tutup Kepala
1. Tanda Tutup Kepala untuk Pramuka Penggalang putri dipasang pada bagian depan topi, tepat ditengah
2. Tanda Tutup Kepala untuk Pramuka Penggalang putri lainnya dipasang pada pici sebelah kiri depan 2 cm dari sisi depan pici tersebut
3. Tanda Tutup Kepala untuk Pramuka Putera dipasang pada baret, tepat diatas bingkai baret, disebelah atas pelipis kiri pemakainya.
b. Tanda harian Gerakan Pramuka
Tanda Harian Gerakan Pramuka berbentuk gambar tunas kelapa, dibuat dari logam berwarna kuning emas, tanpa bingkai dan tanpa dasar. Tanda Harian Gerakan pramuka dikenakan pada pakaian sehari-hari, dan tidak dibenarkan pakaian seragam Pramuka, dilekatkan pada leher baju sebelah kiri atau di dada sebelah kiri kira-kira 4-5 cm di atas saku.
2. Tanda Satuan
Tanda Satuan menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka. Macam-macamnya antara lain : tanda regu, Gugus Depan, Kwartir, Mabi, Krida, Saka, Lencana Daerah, Satuan dan lain-lain.
3. Tanda Jabatan 
Tanda Jabatan menunjukkan jabatan dan tanggung jawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka. Macam-macam nya antara lain : Tanda pemimpin atau wakil pemimpin regu, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.
Tanda Pemimpin Regu (Utama) dan Wakilnya
a. Tanda Pemimpin Regu Utama (Pratama) pemimpin Regu dan wakilnya sama dengan diatas, dengan janur berwarna merah.
b. Pemimpin Utama (Pratama) memakai tiga helai janur merah
c. Pemimpin Regu memakai dua helai janur merah
d. Wakil Pemimpin Regu memakaai satu helai janur merah
4. Tanda Kecakapan
tanda Kecakapan menunjukkan kecakapa, keterampilan, ketangkaassan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai golongan usianya. Macam-macamnya antara lain : Tanda Kecakapan Umum (TKU), Tanda Kecakapan khusus (TKK), Pramuka garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.
5. Tanda kehormatan
Tanda Kehormatan menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepaada seseorang atas jasa, darmaa baktinya dan lain-lain yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, Kepramukaan, Masyarakat, Bangsa, Negara, dan umat Manusia, seperti :
a. Peserta Didik : Tiska, Tigor, Bintang Tahunan, Bintang Wiratama, Bintang teladan
b. Orang Dewasa : Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melati, Tunas Kencana
Arti Tanda Pengenal dalam Ke Pramukaan Penggalang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Tanda Pengenal dalam Ke Pramukaan Penggalang "

Post a Comment