Pengertian Iman kepada Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing

Pengertian Iman kepada Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing
Iman Kepada Malaikat Allah SWT
Meyakini dan mengimani malaikat Allah merupakan salah satu rukun iman. Siapa yang tidak meyakini dan mengimani Malaikat Allah sama halnya dengan tidak beriman kepada Allah SWT. Beriman berarti percaya dengan sungguh-sungguh kepada sesuatu. Beriman kepada malaikat percaya bahwa malaikat ada meskipun tidak pernah dilihat. Iman kepada malaikat Allah merupakan rukun iman yang kedua setelah iman kepada Allah SWT. Malaikat diciptakan oleh Allah dari nur (Cahaya).
Wujud Malaikat adalah Ghaib. Ghaib adalah segala sesuatu yang diyakini keberadaannya tetapi tidak tampak atau terlihat oleh kasat mata serta tidak dapat ditangkap oleh panca indera. Makhluk ghoib ini berbeda dengan makhluk nyata yang bisa dilihat oleh mata, seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan, malaikat tidak berjenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan, malaikat tidak pernah berbuat dosa sehingga termasuk makhluk suci. Malaikat tidak makan dan tidak minum tidak pula dibekali hawa nafsu. Malaikat selalu bertasbih, melakukan sholat, berhaji. berhajinya malaikat yaitu di Baitul Makmur.
Secara keseluruhan jumlah malaikat itu banyak sekali, jumlah yang pasti hanya Allah yang mengetahui. Tetapi, kita selaku umat islam hanya diwajibkan mengetahui 10 malaikat saja. Berikut ini adalah nama kesepuluh malaikat tersebut beserta tugasnya masing-masing yaitu :

No
Nama Malaikat
Tugas
1
Malaikat Jibril
Menyampaikan wahyu
2
Malaikat Mikail
Menyampaikan rezeki
3
Malaikat Israfil
Meniup sangkakala
4
Malaikat Izrail
Mencabut nyawa
5
Malaikat munkar
Menanyai manusia di dalam kubur
6
Malaikat Nakir
Menanyai manusia di dalam kubur
7
Malaikat Raqib
Mencatat perbuatan baik manusia
8
Malaikat Atid
Mencatat perbuatan buruk manusia
9
Malaikat Malik
Menjaga Neraka
10
Malaikat Ridwan
Menjaga Surga



Seperti yang dijelaskan bahwa para malaikat senantiasa melaksanakan perintah Allah dan tidak mendurhakainya. Mereka senantiasa bertasbih memuji Allah Yang Maha Suci, sepanjang waktu siang malam tanpa henti, itulah perilaku dan sifat malaikat yang utama. Perilaku malaikat berbeda dengan perilaku iblis atau syetan, jika iblis atau syetan selalu menentang perintah Allah, seperti dalam kisah iblis menentang perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, sehingga akhirnya iblis dan Adam keduanya diturunkan Allah ke bumi. Sedangkan bagi manusia jika tunduk dan senantiasa melaksanakan perintah Allah dan mengerjakan apa yang dilarang Allah berarti manusia sudah dikuasai oleh syetan atau iblis.
manusia diciptakan dari tanah, Jin dan syetan dari api adapun malaikat diciptakan dari cahaya sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW
Pengertian Iman kepada Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masingArtinya : Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari nyala api dan adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepada kalian ( yaitu dari tanah ). HR. Muslim.
Tidak ada yang tau rupa dan bentuk malaikat kecuali hanya Allah Yang Maha tahu dan Rasul Muhammad. ketika Isra' mi'raj nabi Muhammad melihat rupa dan wujud malaikat Jibril yang asli.
Sifat-sifat Malaikat diantaranya :
  1. Suci dari sifat-sifat manusia dan jin seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat dan lainnya
  2. Selalu takut dan taat kepada Allah
  3. Mempunyai sifat malu
  4. Menyukai wewangian
  5. Mampu menjelma dan merubah wujudnya
  6. Mempunyai kekuatan dan kecepatan cahaya
  7. Bisa terganggu bila ada anjing dan patung serta bau yang kurang sedap
  8. Tidak pernah melakukan maksiat atau selalu mengerjakan apa ssaja yang diperintahkan Allah SWT
Semoga materi ini bisa bernanfaat bagi pembaca ataupun penulisnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Iman kepada Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing"

Post a Comment