Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup
Beberapa ciri makhluk hidup antara lain :
1. Memerlukan Makanan
Makanan diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. dari tenaga itulah manusia bisa melakukan berbagai kegiatan seperti belajar, bekerja, dan bermain. Bila tidak makan tubuh akan men jadi lemas.
Kita biasanya makan tiga kali sehari. Makanan yang kita makan harus sehat dan mengandung gizi. Makanan sehat dan bergizi terkandung dalam menu seimbang, menu seimbang mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh zat-zat tersebut bisa diperoleh dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu.
tumbuhan dan hewan juga memerlukan makanan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri, bahan yang digunakan berupa gas karbon dioksida dan air, air berasal dari dalam tanah, sedangkan karbon dioksida berasal dari udara. Air diserap oleh akar. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan membutuhkan cahaya matahari yang disebut fotosintesis. 
Ciri-ciri Makhluk Hidup
Sedangkan hewan memperoleh makanan dari tumbuhan atau memakan hewan yang lain.
Ciri-ciri Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup

2. Bergerak
Manusia bergerak menggunakan kakinya. Kaki digunakan oleh manusia untuk berjalan, berlari, atau melompat. Hewan juga bergerak, ada hewan yang menggunakan kaki, sayap, sirip, atau perut.
Tumbuhan juga bergerak. Namun gerak tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, misalnya :
a. Kacang panjang bergerak dengan melilitkan sulurnya ke penopang
b. Daun putri malu akan menutup bila disentuh, dan
c. Batang tumbuhan tumbuh (bergerak) ke arah cahaya matahari

3. Tumbuh
Manusia mengalami pertumbuhan sejak dari bayi sampai dewasa, pertumbuhan juga dialami oleh hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan awalnya memiliki ukuran tubuh kecil, seiring berjalannya waktu, hewan dan tumbuhan tumbuh sehingga tubuhnya membesar.
Pertumbuhan pada hewan dapat dilihat pada anak ayam yang baru menetas.
Ciri-ciri Makhluk Hidup
berbeda dengan hewan, pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan bertambahnya batang tanaman.
Ciri-ciri Makhluk Hidup

4. Berkembang Biak
manusia berkembang biak dengan cara melahirkan, hewan dan tumbuhan berkembang biak dengan caranya masing-masing. Ada yang berkembang biak dengan cara bertelur seperti ayam, bebek, dan penyu. Ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan seperti singa, kerbau, sapi, kambing serta rusa.
Tumbuhan berkembang biak dengan beberapa cara. Secara alami tumbuhan dapat berkembang biak dengan biji, seperti mangga, jambu, dan sebagainya. Akar tinggal seperti kunyit, dengan tunas seperti pisang. Secara buatan, manusia dapat membantu perkembangbiakan tumbuhan misalnya dengan cara stek, okulasi, dan cangkok.

5. Bernapas
Semua makhluk hidup bernapas, bernafas disini artinya menghirup udara atau oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Hewan berbapas dengan beberapa cara, ikan dengan insang, sapi dengan paru-paru, serangga dengan trakea, dan cacing dengan permukaan kulit.
Tumbuhan juga bernapas melalui mulut daun (stomata) dan pori-pori kulit batang (lentisel).

Semoga bermanfaat materinya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-ciri Makhluk Hidup"

Post a Comment