Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
1. Pengertian PAUD
Pada dasarnya anak usia dini memiliki batasan usia dan pemahaman yang beragam, bergantung dari sudut pandang yang digunakan, anak memiliki karakteristik yang sangat khas dan tidak sama dengan orang dewasa sepenuhnya. Menurut National Assosiation Educational For Young Children (NAEYC) anak usia dini adalah sekelompok individu yang berada pada rentang usia antara 0-8 tahun, anak usia dini ini merupakan sekelompok manusia yang sangat unik yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, kreatifitas, serta pembelajaran tata bahasa yang baik.
2. Tujuan PAUD
Sebagaimana yang terdapat dalam hasil konferensi Genewa tahun 1997, bahwa aspek perkembangan pada anakusia dini diperhatikan adalah dalam faktor kognitif, bahasa, sosial, emosi, kepribadian serta motoriknya (sumantri, 2005:3)
tujuan khusus pendidikan anak usia dini adalah
a. melakukan ibadah serta mengenal dan percaya kepada Allah dan mencintai sesama
b. mengontrol keterampilan seperti mengolah keterampilan tubuh yaitu gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus, gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensorik.
c. Menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif agar dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat dalam berpikir dan belajar
d. Berpikir logis, kritis dengan memberikan alasan-alasan, memecahkan masalah, serta menemukan sebab akibat
e. Mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, menghargai keragaman sosial budaya, mngembangkan konsep diri, positif dalam belajar dan bisa mengontrol diri serta rasa memiliki.
f. Memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama, tepuk tangan, berbagai bunyi serta menghargai karya yang kreatif
tujuan Pendidikan Anak Usia Dini dapat ditelaah melalui program stimulasi edukasi diantaranya
1. fungsi adaptasi
fungsi ini berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai macam kondisi lingkungan serta keadaan pada dirinya sendiri
2. fungsi sosialisasi
fungsi ini berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan sosial agar berguna dalam pergaulan sehari-hari dimanapun anak berada
3. Fungsi pengembangan
fungsi ini berkaitan dengan berbagai macam potensi anak
4. Fungsi Bermain
Melalui kegiatan bermain anak akan mengeksplorasi dunianya agar bisa mengembangkan pengetahuannya sendiri
5. Fungsi ekonomik
dalam hal ini pendidikan anak harus terencana karena merupakan investasi jangka panjang yang dapat menguntungkan pada setiap rentang perkembangan selanjutnya
0 Response to "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"
Post a Comment