Sub Tema 4 :
Menjaga Lingkungan
Pemetaan Kompetensi Dasar KI
3, KI 4 dan Indikator
PPKn
3.3.
Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
Indikator
·
Menyebutkan cara menjaga
lingkungan
4.4
Mengamati dan menceritakan keberagaman karakteristik individu di rumah dan
sekolah
|
Bahasa Indonesia
3.4
Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator
·
Membaca cerita komik
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Menjaga Lingkungan
|
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari sub tema
Menjaga Lingkungan, peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan cara menjaga
lingkungan
2.
Membaca cerita komik
Materi pembelajaran:
1.
Membaca cerita
2.
Sikap menjaga lingkungan
Pendekatan, Strategi dan Metode:
1.
Pendekatan : Scientific
2. Strategi
: Problem
Based Learning
3.
Metode : Tanya jawab,
presentasi, dan penugasan
Media dan Alat Pembelajaran:
1.
Buku Tematik kelas 1F karangan: Dr. Lili Nurlaili,
M.Ed dkk Penerbit Yudhistira
2.
Teks percakapan
3.
Komik lingkungan
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
-
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati:
-
Siswa mengamati komik
berjudul “Pahlawan Kebersihan”
-
Siswa mencermati
percakapan Ayah dan Bela (halaman 100)
Menanya:
-
Siswa bertanya jawab
tentang komik yang diamati
-
Siswa bertanya jawab tentang
akibat tidak menjaga lingkungan (halaman 101)
Mengumpulkan Informasi:
-
Siswa membaca cerita yang
terdapat pada komik “Pahlawan Kebersihan” (halaman 99)
-
Siswa melengkapi kalimat
yang menunjukkan sikap yang benar (halaman 102)
Menalar/Mengasosiasi:
-
Siswa menceritakan kembali
isi komik dengan bahasa sendiri (halaman 100)
-
Siswa menuliskan cerita
seperti yang diungkapkan Bela dan Hadi (halaman 102)
Mengomunikasikan:
-
Siswa menentukan
pernyataan yang benar berdasarkan isi komik (halaman 100)
- Siswa
mempresentasikan cerita menjaga lingkungan
3.
Kegiatan Penutup
- Siswa
dibimbing guru untuk menyimpulkan pelajaran
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan RTL
- Menutup pelajaran dengan pesan dan doa
Refleksi
Merupakan kegiatan guru pada
saat melakukan penilaian otentik ataupun tanya jawab (lisan) pada akhir
pembelajaran, misalnya: guru mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan
dengan cara menjaga lingkungan dan cerita komik. Selain tanya jawab, kegiatan
refleksi dapat digunakan untuk konfirmasi ketika siswa telah selesai
mengkomunikasikan pembelajaran.
untuk lebih lengkapnya ketik disini
0 Response to "Contoh Buku Pegangan Guru Kelas I Tema 6 Sub Tema 4 K-13"
Post a Comment