PEMETAAN KOMPETENSI DASAR KELAS III
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(DAFTAR KD SUDAH SESUAI LAMPIRAN
PERMENDIKBUD NO. 024 TAHUN 2016)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No
|
Muatan Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Semester 1
|
Semester 2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
TEMA 1
|
TEMA 2
|
TEMA 3
|
TEMA 4
|
TEMA 5
|
TEMA 6
|
TEMA 7
|
TEMA 8
|
|||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
PPKN
|
3.1
|
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
|
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3
|
Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di
sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
|
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1
|
Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila
Pancasila
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3
|
Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.4
|
Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan
dalam keberagaman di sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.1
|
Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
|
Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3
|
Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
|
Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan
(makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang
ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.5
|
Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui
wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.6
|
Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.7
|
Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan
pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.8
|
Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan
visual dengan tujuan untuk kesenangan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.9
|
Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan
lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.10
|
Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah
(sederhana) dalam teks tulis.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1
|
Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2
|
Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk
energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3
|
Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.4
|
Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.5
|
Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan
dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.6
|
Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.7
|
Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah
dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.8
|
Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.9
|
Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas,
pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.10
|
Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian
masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
|
untuk lebih lengkapnya klik disini
0 Response to "Contoh Pemetaan KD Kelas 3"
Post a Comment