SILABUS KELAS: I (satu)
Satuan Pendidikan :
SD
Kompetensi Inti*
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
Pendekatan
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
TEMA 1
|
||||||
Pendidikan Pancasila dan Kewargaanega-raan
|
1.1
Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
Diri Sendiri
|
Kegiatan
pembelajaran ini akan dilakukan selama 4 minggu.
Pembelajaran
·
Mengamati gambar , foto atau alat peraga langsung diri sendiri atau diri teman
·
Saling bertanya dengan teman sebangku tentang identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan,
guna panca indra dan anggota tubuh dll
·
Bernyanyi lagu anak yang berhubungan dengan diri sendiri
( Misal : Dua mata saya, Aku punya tangan dan kaki, Berbaris , Oh ibu
, Selamat Pagi Bu Guru dll )
·
Mengumpulkan
data tentang identitas diri, ciri-ciri
tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll baik secara kelompok
maupun individual
·
Mengkomunikasikan
hasil pengumpulan data melalui tulisan sederhana dan atau gambar ( persamaan
dan perbedaan yang ada)
·
Mendiskusikan
cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·
Mengkomunikasikan
cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·
Menghubungkan
gambar ( Misal : berdasarkan jumlah, kegunaan, dll )
·
Mewarnai gambar yang berhubungan dengan diriku ( Misal : panca indra, anggota tubuh,
binatang / mainan kesayangan dll )
·
Menirukan kata yang diucapkan guru yang ditunjukkan dengan kartu kalimat, kartu kata, kartu suku kata
dan kartu huruf dll )
·
Membaca teks cerita bergambar
·
Menenmukan
jumlah huruf tertentu pada teks bacaan bergambar dan menuliskannya lambang
bilangannya
·
Menggambar benda/ binatang kesayangan
·
Bercerita tentang mainanku dan cara merawatnya
·
Membilang
benda 1-20
·
Menyimak
penjelasan guru cara menulis bilangan maupun huruf dengan benar
·
Menuliskan
lambang bilangan 1-20
·
Menghubingkan
gambar dengan sejumlah benda
·
Mengkomunikasikan
bilangan terbesar dan terkecil dari deretan bilangan
·
Mengurutkan
bilangan dari yang terkecil dan atau dari yang terbesar
·
Menceritakan
cara merawat panca indra, tubuh dan anggota tubuh
·
Mempraktekkan
cara menggosok gigi
·
Mengamati
gambar akibat tidak merawat diri ( tiak merawt gigi, rambut, kulit dll )
·
Mendiskusikan
akibat jika tidak merawat diri
·
Menyimak cerita tentang tidak merawat diri
·
Menghubungkan
gambar akibat tidak merawat diri
·
Menulis
kata ( Misal : bagian diriku, benda/binatang kesayangan, mainan, akibat tidak
merawat diri dll )
·
Melakukan gerakan /
menari sesuai irama yang didengarnya
·
Menyimak
dialog tentang cara memperkenalkan
diri dengan santun.
·
Mengumpulkan
data tentang kalimat sapaan yang tepat pada waktu bertemu teman, orang tua,
orang dewasa lainnya pada waktu tertentu
·
Bermain
peran jika bertemu teman, orang tua atau orang dewasa lain
·
Mengkomunikasikan
sapaan yang tepat pada waktu tertentu
·
Gerak
dan Lagu ( Misal Tepuk Tangan, Inilah aku dll )
·
Menirukan
gerakan senam dengan atau tanpa iringan musik.
·
Membentuk
benda/ binatang kesayanga/mainan/orang dll dengan bahan lunak
·
Membuat
asesoris dari bahan sisa ( misal membuat pita dari kain sisa dll ) dengan
cara melipat menggunting menempel.
|
·
Observasi
·
Unjuk kerja
·
Hasil karya
·
Tes Lisan
·
Tes tertulis
|
4 x 26
JP
|
·
Buku Tematik Kelas IV
·
Media gambar
·
Bahan
sisa ( kain, kancing baju dll )
·
Benda-benda
sebenarnya
·
Kartu
kalimat, kartu kata, kartu suku kata, kartu huruf, kartu angka
·
Foto
diri
·
VCD/DVD/foto
·
Buku cerita bergambar
·
Teks lagu
|
0 Response to "Contoh silabus TEMATIK kelas 1 "
Post a Comment