Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pendidikan tentunya menjadi salah satu faktor penting yang turut serta dalam membangun kepribadian individu. Hampir setiap harinya anak pergi ke sekolah untuk belajar berbagai hal dan bersosialisasi dengan anak lainnya. Oleh karena itu, Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial dan emosional anak.
Selain itu, Pendidikan juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan masa depan bangsa apakah bangsa ini maju atau tidaknya melalui tangan mereka. Dengan Pendidikan yang baik tentunya diharapkan dapat menghasilkan generasi bangsa yang baik pula.
Setiap negara memiliki sistem Pendidikan yang berbeda seperti yang diterapkan pada bangsa ini mungkin berbeda dengan negara lain. Harapan orangtua untuk anak di setiap negara pun berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh kebudayaan, agama, dan iklim dari suatu negara tersebut.
Berdasarkan data yang diperoleh Benesse Educational Research and Development (BERD) Institute pada 4 negara (Indonesia, Jepang, China, dan Finlandia), terdapat beberapa fakta menarik terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yaitu :
1. Fakta Terkait Waktu Bangun Tidur Anak
Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Ternyata, sebagian besar anak-anak di Indonesia terbiasa bangun tidur lebih awal sekitar pukul 05.30 hingga pukul 06.00. Alasannya karena Indonesia memiliki banyak kegiatan di pagi hari dan bagi anak-anak pemeluk agama islam harus melakukan sholat subuh.
Pada hari biasa, anak Indonesia yang bangun tidur sebelum pukul 05.30 mencapai 11,1% dan yang bangun pada pukul 06.00 mencapai 31,9%.
Sementara itu, anak-anak di tiga negara lainnya (Jepang, China, dan Finlandia) yang bangun tidur pada pukul 05.30 kurang dari 3%. Anak-anak di tiga negara tersebut lebih banyak bangun tidur pada pukul 07.00
Berbanding terbalik dengan anak-anak di Indonesia 
2. Fakta Terkait Waktu yang Dihabiskan di PAUD
Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Hasil survei mengungkapkan bahwa 89,8% anak Indonesia menghabiskan waktu kurang dari 4 jam di PAUD. Itu artinya, lebih singkat dibandingkan dengan anak-anak dari negara lain yang sebagian besar menghabiskan waktu di PAUD lebih dari 8 jam. Hal itu dikarenakan kebanyakan orang tua di tiga negara tersebut adalah wanita pekerja alias wanita karir.
3. Fakta Terkait Mengasuh Anak dari Perspektif Ibu
Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Bagi Ibu di Indonesia, ada tiga hal yang memerlukan usaha paling besar dalam mengasuh anak. Pertama, yaitu menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, seperti menyikat gigi, mandi, dan kebiasaan lainnya. Selanjutnya, usaha menjaga kesehatan tubuh dan main bersama orang tuanya.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh BERD, anak-anak yang menguasai kebiasaan hidup pada usia 3-4 tahun akan memiliki kemampuan sosial emosional yang lebih baik pada usia 4-5 tahun. Kemampuan sosial emosional itu berhubungan dengan perkembangan aspek kognitif seperti huruf, angka, dan kemampuan berpikir. Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan hidup sejak dini sangat penting untuk mengembangkan aspek kognitif dan afektif anak.
4. Fakta Terkait Harapan Orang Tua Terhadap Masa Depan Anak
Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Menarik Berkaitan Dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"

Post a Comment