Penghijauan

Penghijauan, anak kecil, anak perempuan
Sebagai warga negara yang baik, kita harus mencintai lingkungan sekitar. Banyak yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar, misalnya menanam pohon atau yang lebih dikenal dengan istilah penghijauan.
Penghijauan adalah upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya. Penghijauan tidak hanya terbatas pada penanam pohon saja, tetapi juga termasuk menjaga kebersihan, pengaturan air, perlindungan lingkungan dari kerusakan, dan lain sebagainya.
Sebagai warga negara yang baik seharusnya merasa tidak nyaman jika menjumpai apalagi beraktivitas di lingkungan yang gersang dan tidak hijau. Kita semestinya merasa perlu bergerak untuk merubah lingkungan tersebut. Minimal tidak ikut-ikutan merusak lingkungan disekitar.

Penghijauan, dewasa
Manfaat penghijauan adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai paru-paru lingkungan. Mungkin kita semua sudah mengetahui hal ini semenjak kita duduk di bangku Sekolah Dasar bahwa ketika siang hari daun-daun menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan Oksigen (O2) yang kita butuhkan untuk bernafas.
  2. Manfaat klimatologis, yakni sebagai pengatur lingkungan (mikro). Maksudnya, jika sebuah lingkungan memiliki cukup pepohonan maka hawanya lebih terasa sejuk meskipun di siang hari.
  3. Menambah estetis atau keindahan. Beberapa jenis tanaman jika diatur dengan baik penempatannya, akan bia menjadi penghias lingkungannya.
  4. Manfaat Orologis, yakni akar pohon yang kuat mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah
  5. Manfaat edaphis, yakni lingkungan yang hijau bisa menjadi habitat yang baik bagi beberapa jenis hewan.
  6. Manfaat Hidrologis, yakni akar-akar pohon akan mampu menyerap dan menampung air sehingga bisa mencegah lingkungan dari banjir sekaligus menjaga lingkungan tetap memiliki air tanah yang cukup.
  7. manfaat Ekologis, jika lingkungan hijau, maka kualitas ekologi lingkungan tersebut akan terjaga dan meningkat.
  8. Manfaat Protektif, beberapa jenis pohon bisa melindungi kita dari teriknya sinar matahari.
  9. Manfaat edukatif, beberapa jenis pohon bisa menjadi laboratorium hidup.
Kegiatan-kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan penghijauan antara lain :
Penghijauan, kerja bakti
  • Kerja bakti sebagai bentuk nyata langkah penghijauan. Bisa kita lakukan sebagai program rutin bulanan di lingkungan masyarakat.
Penghijauan
  • Mengkampanyekan penghijauan dengan media majalah dinding, sticker, spanduk dan lain sebagainya. Kegiatan ini bisa menjadi media belajar dan media ekspresi bagi masyarakat sekitar yang berbakat pada bidang desain gambar.
Penghijauan
  • Jika lingkungan sekitar hanya memiliki sedikit lahan yang bisa ditanami, kita dan masyarakat sekitar bisa belajar metode menanam vertikultur atau hidroponik (menanam dengan media pot dan selain tanah).
Penghijauan, Pembuangan Limbah
  • Membuat peraturan yang merangsang penghijauan. Misalnya sistem sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan didenda menanam satu tanaman atau menyumbangkan pot untuk menanam bunga 
Masih banyak lagi kegiatan lain yang bisa kita lakukan bersama masyarakat sekitar dalam rangka penghijauan. Selamat mencoba....

Mudah-mudahan materi ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penghijauan"

Post a Comment