Contoh buku pegangan guru Kelas I Tema 6 Sub tema 2 K-13



Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari sub tema kebersihan sekolah, peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan tata tertib di sekolah
2.      Menyebutkan cara menjaga kebersihan sekolah
3.      Membaca puisi

Materi pembelajaran:
1.      Kebersihan sekolah
2.      Tata tertib di sekolah

Pendekatan, Strategi dan Metode:
1.      Pendekatan                     : Scientific
2.      Strategi                             : Discovery Learning
3.      Metode                            : Pengamatan, penugasan, tanya jawab, dan presentasi

Media dan Alat Pembelajaran:
1.      Buku Tematik kelas 1F karangan: Dr. Lili Nurlaili, M.Ed dkk Penerbit Yudhistira
2.      Gambar lingkungan

Langkah-langkah Pembelajaran:
1.    Pendahuluan:
-      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
-      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa

2.    Kegiatan Inti:
Mengamati:
-      Siswa mengamati gambar piket kelas (halaman 35)
-      Siswa membaca puisi berjudul “Sekolah” (halaman 36)
-      Siswa mengamati gambar lingkungan (halaman 38)

Menanya:
-      Siswa bertanya jawab tentang gambar yang telah diamati
-      Siswa bertanya jawab tentang manfaat kebersihan
-      Siswa bertanya jawab tentang gambar lingkungan


Mengumpulkan Informasi:
-      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan puisi berjudul “Sekolahku”(halaman 36)
-      Siswa mendengarkan percakapan (halaman 37)

Menalar/Mengasosiasi:
-      Siswa menuliskan cerita berdasarkan hasil tanya jawab
-      Siswa menjelaskan alasan dan akibat sikap tertib (halaman 38)

Mengomunikasikan:
-      Siswa menceritakan di depan kelas cara menjaga kebersihan sekolah
-      Siswa melakukan percakapan
-      Siswa menentukan sikap tertib dengan member tanda checklist (halaman 39)

3.    Kegiatan Penutup
-      Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan pelajaran
-      Siswa dan guru melakukan refleksi
-      Guru memberikan RTL
-      Menutup pelajaran dengan pesan dan doa
Refleksi
Merupakan kegiatan guru pada saat melakukan penilaian otentik ataupun tanya jawab (lisan) pada akhir pembelajaran, misalnya: guru mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan dengan kebersihan dan tata tertib sekolah. Selain tanya jawab, kegiatan refleksi dapat digunakan untuk konfirmasi ketika siswa telah selesai mengkomunikasikan pembelajaran.

untuk lebih lengkapnya ketik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh buku pegangan guru Kelas I Tema 6 Sub tema 2 K-13"

Post a Comment