Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari sub tema
kebersihan sekolah, peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan tata tertib di
sekolah
2.
Menyebutkan cara menjaga
kebersihan sekolah
3.
Membaca puisi
Materi pembelajaran:
1.
Kebersihan sekolah
2.
Tata tertib di sekolah
Pendekatan, Strategi dan Metode:
1.
Pendekatan : Scientific
2. Strategi
: Discovery
Learning
3.
Metode : Pengamatan,
penugasan, tanya jawab, dan presentasi
Media dan Alat Pembelajaran:
1.
Buku Tematik kelas 1F karangan: Dr. Lili Nurlaili,
M.Ed dkk Penerbit Yudhistira
2.
Gambar lingkungan
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
-
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati:
-
Siswa mengamati gambar
piket kelas (halaman 35)
- Siswa
membaca puisi berjudul “Sekolah” (halaman 36)
-
Siswa mengamati gambar
lingkungan (halaman 38)
Menanya:
-
Siswa bertanya jawab
tentang gambar yang telah diamati
- Siswa
bertanya jawab tentang manfaat kebersihan
- Siswa
bertanya jawab tentang gambar lingkungan
Mengumpulkan Informasi:
-
Siswa melengkapi kalimat
berdasarkan puisi berjudul “Sekolahku”(halaman 36)
-
Siswa mendengarkan
percakapan (halaman 37)
Menalar/Mengasosiasi:
-
Siswa menuliskan cerita
berdasarkan hasil tanya jawab
-
Siswa menjelaskan alasan
dan akibat sikap tertib (halaman 38)
Mengomunikasikan:
-
Siswa menceritakan
di depan kelas cara menjaga kebersihan sekolah
- Siswa
melakukan percakapan
- Siswa
menentukan sikap tertib dengan member tanda checklist (halaman 39)
3.
Kegiatan Penutup
- Siswa
dibimbing guru untuk menyimpulkan pelajaran
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan RTL
- Menutup pelajaran dengan pesan dan doa
Refleksi
Merupakan kegiatan guru pada
saat melakukan penilaian otentik ataupun tanya jawab (lisan) pada akhir pembelajaran,
misalnya: guru mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan dengan kebersihan
dan tata tertib sekolah. Selain tanya jawab, kegiatan refleksi dapat digunakan
untuk konfirmasi ketika siswa telah selesai mengkomunikasikan pembelajaran.
untuk lebih lengkapnya ketik disini
0 Response to "Contoh buku pegangan guru Kelas I Tema 6 Sub tema 2 K-13"
Post a Comment