Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda


Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Pengertian Gaya
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi keadaan suatu benda.
Gaya dapat menimbulkan perubahan gerak atau perubahan kecepatan. Batang pohon dapat bergerak karena mendapatkan gaya dorong dari sang petani. Maka, adanya gaya memengaruhi gerak suatu benda.
Gerak adalah perpindahan posisi benda dari tempat asalnya karena adanya gaya. Contoh gerak adalah mobil bergerak karena ada gaya mesin, anak panah bergerak karena adanya gaya pegas dari tali busur, serta jika kita berjalan karena adanya gaya otot
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Sifat-sifat Gaya
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa gaya mempuinyai beberapa sifat yaitu :

  • Gaya dapat mengubah arah gerak benda
  • Gaya dapat mengubah bentuk benda
  • Gaya dapat mengubah posisi benda dengan cara menggerakkan atau memindahkannya
Macam-macam Gaya
1. Berdasarkan sentuhannya dengan benda, gaya dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Gaya sentuh
gaya Sentuh adalah gaya yang bekerja dengan sentuhan. artinya suatu gaya akan menghasilkan efek jika terjadi sentuhan dengan benda yang akan diberikan gaya tersebut. Jika tidak terjadi sentuhan maka gaya tidak akan bekerja pada benda. Gaya ini akan muncul ketika benda bersentuhan dengtan benda lain yang menjadi sumber gaya.
Sebagai contoh, ketika seseorang hendak memindahkan meja, maka dia harus menyentuh meja tersebut kemudian mendorong meja tersebut sampai ketempat tujuan, nah pada kasus ini terjadi sentuhan antara manusia sebagai sumber gaya, dan meja sebagai target yang hendak diberikan gaya. Dan jika tidak terjadi sentuhan antara keduanya maka meja tidak bisa berpindah sesuai dengan keinginan kita
b. Gaya tak Sentuh
gaya tak sentuh adalah suatu gaya yang akan bekerja tanpa terjadinya sentuhan. Artinya efek darigaya yang dikeluarkan oleh sumber gaya tetap bisa dirasakan oleh benda meskipun mereka tidak bersentuhan
Misalnya, gaya magnet dan gaya gravitasi, pada gaya magnet, ketika seseorang meletakkan besi di dekat magnet tanpa bersentuhan, maka besi tersebut akan tertarik ke arah magnet karena merasakan sebuah efek dari gaya yang dikeluarkan oleh magnet tersebut.
2. Berdasarkan jenisnya gaya dapat dibedakan menjadi :
a. Gaya Otot
Gaya Otot adalah jenis gaya yang dilakukan oleh makhluk hidup yang mempunyai otot. gaya ini timbul dari koordinasi dari struktur otot dengan rangka tubuh. Gaya otot ini termasuk kedalam gaya sentuh.
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda yang mempunyai beban untuk mengangkat benda tersebut, otot didalam tubuh berkoordinasi sehingga mampu menggerakkan tangan untuk mengangkat 
b. Gaya Pegas
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Gaya Pegas adalah jenis gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas. gaya pegas bisa disebut juga gaya lenting pulih yang terjadi karena adanya sifat keelastisan suatu benda. gaya pegas termasuk kedalam kelompok gaya sentuh. Gaya pegas muncul karena pegas dapat memapat dan merenggang sehingga bentuknya bisa kembali seperti semula setelah terjadi gaya tersebut.
Misalnya, ketika seorang pemanah menarik anak panah kebelakang, maka busur panah tersebut akan mengikuti arah busur yang ditarik, kemudian sesudah anak panah dilepaskan, maka pegas akan kembali ke bentuk semula
c. Gaya Gesek
Gaya Gesek adalah jenis gaya yang muncul karena terjadinya persentuhan langsung antara dua permukaan benda. gaya gesek adalah gaya yang arahnya selalu berlawanan dengan arah gerak benda atau arah gaya luar. Gaya gesek termasuk kedalam kelompok gaya sentuh. Bessar kecilnya gaya gesekan ditentukan oleh halus atau kasarnya permukaan benda. Semakin halus permukaan, maka semakin kecil gaya gesek yang dihasilkan, sebaliknya jika permukaan kasar maka semakin besar pula gaya gesek yang dihasilkan.
Gaya Gesek dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Gaya gesek statis, yaitu jenis gaya gesek ketika benda diam. Gaya gesek statis terjadi jika gaya luar yang diberikan kepada benda nilainya sama dengan gaya gesekan yang terjadi sehingga benda tersebut akan diam tidak bergerak karena resultan gaya yang terjadi padanya sama dengan nol.
sebagai contoh ketika ada sebuah benda diletakkan pada bidang miring dan benda tersebut kita tahan 
dengan tangan, maka benda tersebut tidak akan bergerak atau tetap diam karena resultan gaya dari tangan kita sama dengan resultan gaya gesek yang terjadi, tapi jika kita melepasnya maka benda akan kembali bergerak.
2. Gaya gesek kinetik, yaitu gaya gesek yang terjadi ketika benda dalam keadaan bergerak. Gaya ini terjadi apabila nilai gaya gesek selalu lebih kecil dibandingkan gaya luar yang bekerja, sehingga gaya luar menang dan membuat benda tersebut bergerak.
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
sebagai contoh gaya gesek antara permukaan mobil dengan aspal ketika mobil bergerak, gaya gesek yang terjadi lebih kecil dari gaya mesin sehingga mobil mampu untuk bergerak.
d. Gaya Mesin
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Gaya mesin yaitu jenis gaya yang dihasilkan oleh kinerja mesin.
contoh : kerja mobil dan mobil
e. Gaya Gravitasi Bumi
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Gaya gravitasi bumi yaitu gaya tarik bumi terhadap seluruh benda yang mempunyai massa yang terdapat pada permukaannya, jika tidak terdapat gaya gravitasi bumi maka setiap yang melayang seperti di ruang hampa udara.
f. Gaya Magnet
Gaya Magnet yaitu gaya pada magnet yang mampu menarik benda-benda tertentu. Benda yang mampu ditarik oleh magnet disebut benda magnetis, umumnya benda yang terbuat dari besi atau baja ataupun logam lainnya. Semakin dekat dengan benda magnetis maka gaya tarik magnet tersebut semakin besar, gaya magnet bisa menarik benda walaupun tanpa menyentuhnya, oleh karena itu gaya magnet termasuk kedalam kelompok gaya tak sentuh.
Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
contoh ketika paku diletakkan pada sebuah magnet, maka ia akan tertarik ke arah magnet tersebut, sehingga paku dikatakan sebagai benda magnetik
g. gaya Listrik
gaya listrik yaitu jenis gaya yang dihasilkan oleh benda-benda yang bermuatan listrik dalam medan listrik
contoh : kipas angin bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda"

Post a Comment