Sub Tema 3 :
Kebersihan Lingkungan
Pemetaan Kompetensi Dasar KI
3, KI 4 dan Indikator
PPKn
3.4
Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
Indikator
·
Menyebutkan cara menjaga
kebersihan lingkungan sekitar
4.3
Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
|
Bahasa Indonesia
3.4
Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator
·
Menjelaskan lingkungan
sekitar
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Kebersihan Lingkungan
|
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari sub tema
kebersihan lingkungan, peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan cara menjaga
kebersihan lingkungan sekitar dengan benar
2.
Menjelaskan lingkungan
sekitar dengan tepat
Materi pembelajaran:
1.
Lingkungan sekitar
2.
Menjaga kebersihan
lingkungan sekitar
Pendekatan, Strategi dan Metode:
1.
Pendekatan : Scientific
2. Strategi
: Project
Based Learning
3.
Metode : Pengamatan, tanya
jawab, penugasan, dan presentasi
Media dan Alat Pembelajaran:
1.
Buku Tematik kelas 1F karangan: Dr. Lili Nurlaili,
M.Ed dkk Penerbit Yudhistira
2.
Gambar lingkungan
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
-
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati:
-
Siswa mengamati gambar
kondisi taman (halaman 68)
-
Siswa mengamati gambar
lingkungan kotor (halaman 69)
Menanya:
- Siswa
bertanya jawab tentang kondisi pada gambar
Mengumpulkan Informasi:
-
Siswa membaca teks tentang
lingkungan sekitar (halaman 67)
-
Menjawab pertanyaan sesuai
gambar (halaman 69)
Menalar/Mengasosiasi:
-
Siswa menyusun kata yang
berhubungan dengan lingkungan sekitar (halaman 67)
- Siswa
melengkapi kalimat dengan kata tertentu (kalimat 69)
-
Siswa menentukan gambar
yang menunjukkan kondisi lingkungan tertentu (halaman 70)
Mengomunikasikan:
-
Siswa menceritakan
lingkungan sekitar rumah (halaman 57)
- Siswa
menyebutkan sikap menjaga kebersihan lingkungan sekitar (halaman 70)
3.
Kegiatan Penutup
- Siswa
dibimbing guru untuk menyimpulkan pelajaran
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan RTL
- Menutup pelajaran dengan pesan dan doa
Refleksi
Merupakan kegiatan guru pada saat melakukan
penilaian otentik ataupun tanya jawab (lisan) pada akhir pembelajaran,Untuk lebih lengkapnya klik disini
0 Response to "Contoh Buku Pegangan Guru Kelas I Tema 6 Sub Tema 3 K-13"
Post a Comment