Contoh Buku Pegangan Guru Kelas I Tema 6 Sub Tema 3 K-13

Sub Tema 3 :
Kebersihan Lingkungan
Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3, KI 4 dan Indikator

PPKn
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
         Indikator
·       Menyebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah


Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
      Indikator
·          Menjelaskan lingkungan sekitar

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian



Kebersihan Lingkungan



Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari sub tema kebersihan lingkungan, peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan benar
2.      Menjelaskan lingkungan sekitar dengan tepat

Materi pembelajaran:
1.      Lingkungan sekitar
2.      Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Pendekatan, Strategi dan Metode:
1.      Pendekatan                     : Scientific
2.      Strategi                             : Project Based Learning
3.      Metode                            : Pengamatan, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

Media dan Alat Pembelajaran:
1.      Buku Tematik kelas 1F karangan: Dr. Lili Nurlaili, M.Ed dkk Penerbit Yudhistira
2.      Gambar lingkungan

Langkah-langkah Pembelajaran:
1.    Pendahuluan:
-      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
-      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa


2.    Kegiatan Inti:
Mengamati:
-      Siswa mengamati gambar kondisi taman (halaman 68)
-      Siswa mengamati gambar lingkungan kotor (halaman 69)

Menanya:
-      Siswa bertanya jawab tentang kondisi pada gambar

Mengumpulkan Informasi:
-      Siswa membaca teks tentang lingkungan sekitar (halaman 67)
-      Menjawab pertanyaan sesuai gambar (halaman 69)

Menalar/Mengasosiasi:
-      Siswa menyusun kata yang berhubungan dengan lingkungan sekitar (halaman 67)
-      Siswa melengkapi kalimat dengan kata tertentu (kalimat 69)
-      Siswa menentukan gambar yang menunjukkan kondisi lingkungan tertentu (halaman 70)

Mengomunikasikan:
-      Siswa menceritakan lingkungan sekitar rumah (halaman 57)
-      Siswa menyebutkan sikap menjaga kebersihan lingkungan sekitar (halaman 70)

3.    Kegiatan Penutup
-      Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan pelajaran
-      Siswa dan guru melakukan refleksi
-      Guru memberikan RTL
-      Menutup pelajaran dengan pesan dan doa
Refleksi
Merupakan kegiatan guru pada saat melakukan penilaian otentik ataupun tanya jawab (lisan) pada akhir pembelajaran,

Untuk lebih lengkapnya klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Buku Pegangan Guru Kelas I Tema 6 Sub Tema 3 K-13"

Post a Comment